Home » » Definisi Casing Komputer dan fungsinya

Definisi Casing Komputer dan fungsinya

 
Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.
5 Fungsi Casing:
1. Melindungi berbagai komponen2 di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan2 fisik yg kita tidak inginkan.
2. Casing juga begitu penting karena hampir semua perkakasan seperti prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.
3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.
casing komputer cbm azza
4. Casing computer yang juga amat penting adalah sebagai tempat terletaknya lampu-lampu serta slot-slot yang terdapat di bagian casing agar casing computer anda menjadi menarik
5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai “dudukan” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.
Bayangkan apabila seluruh perabotan tersebut tidak ada casingnya sangat berantakan dan berbahaya sekali, seperti orang tanpa rumah…..
Jenis casing komputer adalah berdasarkan bentuknya, yaitu:
  1. Casing Desktop
Casing desktop adalah casing yang berbentuk seperti kotak yang memiliki ukuran lebar kira-kira 30-40 cm dan panjangnya kira-kira 50-60 cm.Secara umum casing desktop dijadikan tumpuan monitor. Casing desktop kosong yang dipasarkan pada ketika ini sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), speaker, lampu untuk hard disk, lampu power, lampu turbo, dan kabel-kabel lamp



2. Casing Tower
Casing komputer terkini di tahun 2012 menggunakan casing tower, ia mempunyai ruang di dalam casing komputer lebih luas serta suhu dalam casing komputer tidak terlalu cepat panas dan juga lebih mudah dalam menambah komponen lainnya. Casing komputer jenis tower terdiri dari:

A. Mini tower
Casing mini tower, middle tower, dan tower pada dasarnya hampir sama.Perbedaan di antara kedua-dua  jenis tersebut adalah dari segi ukuran, baik tinggi, lebar atau panjangnya lebih kecil dibanding casing komputer midlle tower
contoh casing komputer ini seperti :

B. Middle tower
Casing mid tower adalah jenis casing komputer yg paling banyak dipakai di pasar rakitan indonesia.dipasaran casing ini  juga sudah dilengkapi dengan power supply unit (PSU), lampu power, lampu turbo,lampu hard disk dan kabel-kabel lampu, tapi untuk fan mungkin optional, tergantung jenis segment casing komputer yang dipilih.

1 komentar:

  1. Misi gan, izin share ya...

    Casing Powerlogic Climatica C500 SX - PS 600Watt
    Price Rp 415.000

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih :)

    BalasHapus

Mengenai Saya

Foto saya
i am simple person , who have not anything but have lovely person who always give me support.
Diberdayakan oleh Blogger.